September 17, 2012

Es Kopi Tak Kie


Cita Rasa Kopi Tak Kie
Oleh Berna Dian

(naskah ini sudah ditayangkan di Program Mata Hati DAAI TV, dilarang menCopy – paste)

 
Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, Kopi bagi masyarakat indonesia bukan lagi hal yang asing. Namun perkembangan zaman membuat kopi kian beradaptasi dengan selera pasar, Maka sering kali cita rasa kopi yang diidamkan, tak lagi dapat dinikmati. Berbeda dengan kedai es kopi tak kie, berdiri sejak sembilan puluh dua tahun lalu, Kopi racikan tak kie kian dicari karena keistimewaan rasa kopi asli.

Maraknya kehadiran kedai kopi di tengah masyarakat ibukota memang memudahkan masyarakat untuk mendapatkannya. Namun tak jarang kedai kopi yang ada menyuguhkan menu kopi  dengan cita rasa kopi yang seadanya.


Berbeda dengan kedai es kopi tak kie  yang berlokasi di pancoran glodok jakarta barat ini. Berdiri sejak tahun 1927. Nama kopi tak kie tak asing lagi di tengah masyarakat. Tak Kie berarti orang yang bijak, falsafah ini ditunjukan lewat kedai sederhana milik Latief Yulus. Walaupun sudah berusia 92 tahun, hingga saat ini tak kie masih berlokasi di lorong gang sempit kawasan pecinan pancoran Glodok Jakarta Barat.

Latief merupakan generasi ketiga yang dipercaya mengelola kedai kopi tak kie.  Menu andalannya adalah Es kopi hitam dan Es kopi susu. Untuk harga terbilang murah, es kopi hitam seharga Rp 10.000 sedangkan Es Kopi Susu hanya Rp 11.000 saja. Cita rasa kopi yang disajikan merupakan buah tangan Latief dalam meracik kopi-kopi lokal indonesia. Antara lain kopi lampung, kopi toraja dan kopi kalimantan.

Bagi Latief kehadiran kedai-kedai kopi maupun cafe-cafe di pusat perbelanjaan ibukota, memang menjadi kompetitor tersendiri bagi usaha kopi tak kie. Namun ia tak putus asa karena kedai kopi tak kie selalu mempunyai pelanggan tersendiri  mulai dari anak muda, dewasa, hingga lansia.

Erwan dan Budiman adalah pelanggan setia kedai kopi tak kie, mereka menjadi pelanggan sejak 30 tahun lalu. Popularitas kedai es kopi tak kie  memang tak lekang dimakan zaman, Nilai sejarah yang dimiliki tak kie sering pula mengundang rasa penasaran masyarakat untuk mengunjunginya.

Zaman boleh berkembang  selera pasar pun boleh berubah. Namun untuk urusan kopi  hingga kini masyarakat lokal maupun dunia selalu merindukan cita rasa kuat dari kopi-kopi lokal indonesia.

Info :
Kedai Es Kopi Tak Kie
Jalan Pintu Besar Selatan II
Belakang Pasar Ex Gloria, Pancoran Glodok
Telpon : 021-6928296

No comments:

Post a Comment