September 16, 2012

Caving di Goa Kali Suci


MASUK KE PERUT GOA KALI SUCI

Oleh : Berna Dian

Cave Tubing Kali Suci... awalnya saya mengetahui kata itu dari situs internet, apa sih yang dimaksud dengan Cave Tubing? Rasa penasaran ini membawa saya semakin tak bisa jauh dari Search Engine bernama Google.

Saat berseluncur di situs ini saya pun mendapatkan informasi yang cukup banyak tentang Cave Tubing Kali Suci. Mereka menyebut Cave Tubing sebagai aktivitas Susur Goa menggunakan Ban dan menikmati pemandangan perut Goa, lengkap dengan sensasi Arus Jeramnya. Waww, semakin menarik hati dan pikiran saya. Goa Kali Suci ini terletak di Dusun Jetis, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak jauh dari Kota Wonosari. 







SENSASI CAVE TUBING KALI SUCI

Berbekal informasi yang cukup dan rasa penasaran yang sangat tinggi. Di Libur lebaran lalu saya memberanikan diri mengagendakan Cave Tubing dalam kegiatan liburan saya.
Saya dan pacar saya Billy memilih menggunakan sarana transportasi yang lebih mudah yaitu dengan menyewa mobil dari FREEDYOURTRIP. Saya mendapatkan informasi penyewaan mobil sekaligus supir ini dari akun twitter mereka @freedyourtrip .

Dengan destinasi Goa Kali Suci, Pantai Sundak dan Pantai Indrayanti sabtu 25 Agustus lalu saya meluncur ke Goa Kali suci. Perjalanan hampir 2.5 jam kami tempuh dari Brontokusuman.

Sempat nyasar sedikit sih karena menurut saya plang atau spanduk yang menunjukan arah menuju Goa KaliSuci sangat kurang. Maka kami pun bertanya kepada warga sekitar. Sesampainya di lokasi Cave Tubing kami pun mendaftarkan diri di sekretariat. Biaya yang diperlukan yaitu Rp. 65.000 per orang. Tarif ini sudah termasuk : Perlengkapan keamanan, Jasa Pemandu, Asuransi diri, Makan, Transportasi dari tempat finish ke sekretariat dan yang terakhir SENSASI CAVE TUBINGNYA YANG BIKIN KETAGIHAN.

Sebelum turun ke lokasi Goa, peserta WAJIB menggunakan perlengkapan diri mulai dari Helm, Pelampung, dan Deker untuk kaki. Disarankan sih peserta tetap menggunakan alas kaki ya karena sungai berbatu.

Ban dibawakan oleh pemandu sampai turun ke Goa. Takjub ya saya Takjub melihat air Sungai yang berwarna Hijau, Pepohonan hijau yang tumbuh subur, batuan karst khas Gunung Kidul dan Stalaknit yang dapat dilihat dari Luar dan Dalam Goa.

Duduk diatas ban Dan kami pun mulai ber caving ria. Horeeeeiiii MASUK PERUT GOA!!!! Untuk masuk ke dalam Goa sebenarnya Pihak pengelola biasanya melepas 1 Grup dengan minimal 5 orang tapi Keberuntungan kali itu berada di pihak kami. Karena saat itu saya dan Billy hanya datang berdua tapi pas sekali ada 2 orang pemuda yang juga menunggu giliran untuk Cave Tubing jadi di buatlah kami dalam 1 Grup.

Goa yang kita susuri ada 2 Goa tingginya kira-kira 10m, namanya Goa Kali Suci dan Goa Gelathik. Didalam Goa nanti kita bisa lihat juga habitat kelelawar yang menempel di atap Goa/ Batu-batu stalagtit dengan tetesan airnya pun menemani kita saat bercaving ria.

Karena sedang musim kemarau jadi aliran sungai tak sederas saat musim hujan, tapi melewati jeramnya jelas membuat jantung berdegup tapi selalu bikin ketagihan. Para pemandunya sangat kooperatif selain memastikan keselamatan kita saat melintasi jeram, mereka juga bertugas menjelaskan tentang sekilas sejarah keberadaan Goa-Goa tersebut.

Pasti penasaran kan...! buruaan datang yaaa karena kalau Gunung Kidul sedang musim hujan nanti bisa beresiko banjir dan kalau sedang banjir arena wisata ini akan ditutup sementara.

Selamat Berdegupppp dan menikmati tiap jeramnya...

Cave Tubing Indonesia Punya !


Info Cave Tubing Kali Suci
Twitter : @KalisuciCaveTub
Web      : kalisucicavetubing.blogspot.com


1 comment: