April 26, 2012

Pot Batik Suyono

Daur Ulang Perca Batik

Batik memang memiliki motif dan warna yang selalu menarik hati masyarakat indonesia. Maka tak heran kain batik atau pakaian bermotif batik pasti dimiliki banyak kalangan, namun bagaimana jika pakaian tersebut sudah tidak muat lagi atau kainnya sudah berlubang ?


Kini ada inovasi baru dalam memanfaatkan kain perca batik. Adalah suyono pria kelahiran maros sulawesi selatan  ini mengembangkan ide daur ulang batik usang lewat media pot, celengan,helm, guci hingga motor.

Di galeri sederhananya yang di beri nama say gallery, Suyono mengisi hari-harinya dengan berkarya memadu padankan potongan-potongan kain perca batik yang telah disortir karena kerusakannya.
Kain-kain perca batik ini kemudian di aplikasikan kedalam sebuah pot.


Keahlian Suyono dalam mengkreasikan limbah kain batik,ia bagikan kepada ibu-ibu rumah tangga di lingkungan rumahnya pondok sukmajaya permai ,sukmajaya depok, jawa barat. Menurut suyono diharapkan usaha yang dirintisnya ini juga dapat menjadi pemasukan tambahan bagi ibu rumah tangga di sekitar.

Karya-karya yang telah dihasilkan pun beragam dengan motif dan warna yang menarik. Kreasi daur ulang ini memiliki keunggulan tersendiri, selain pembuatannya yang mudah dan perawatan yang mudah kreasi pot batik ini masih tergolong langka.

Pot Batik (Potnya Plastik ditempel kain perca batik)


Suyono pun memiliki keinginan agar wilayah tempat tinggalnya ini kelak bisa menjadi sentral produksi daur ulang batik dengan produk unggulannya pot batik .
Batik merupakan warisan budaya bangsa indonesia yang  telah dinobatkan UNESCO sebagai the world heritage from indonesia. Dan kini semua lapisan masyarakat di indonesia hingga dunia  mencintai batik. Batik pun tidak hanya digunakan untuk pakaian melainkan bisa menjadi barang seni bernilai jual tinggi.

Unik dan Kreatif

Suyono – Say Gallery

0877-8023-2659

4 comments:

  1. good , Creative and top.. tampilan warna dan motifnya jadi bebas n sesuka hati kita untuk memilihnya...tinggal buat warna dan motifnya di komputer..lalu cetak di spandukkk lalu tempel di pot...dan terakhir kita Finishing....

    ReplyDelete